Minggu, 22 Januari 2012

BONEKA KARTON



Permainan ini merupakan tebak-tebakan untuk melatih ingatan si anak dalam memahami sebuah gambar. Dengan permainan boneka karton ini, diharapkan anak mampu mengetahui perbedaan berbagai macam boneka yang ada, baik dari segi bentuk, warna, dan mana yang depan dan belakang.
a.      Cara Bermain
·         Perlihatkan salah satu gambar muka yang utuk kepada anak, lalu tanyakan bonekanya berwarna apa atau sedang apa?
·         Perlihatkan kembali salah satu muka boneka, lalu sebutkan kalau, “ini depan”, dan baliknya sebutkan, “ini belakang”.
·         Jejerkan dari beberapa gambar tersebut dengan posisi depan dan belakang. Lalu, anak diminta untuk menunjukkan mana bagian depan dan belakang. Ulangi terus sambil diikuti senandung “depan belakang”.
·         Letakkan beberapa gambar muka tadi secara berjejer. Letakkan pasangan muka yang sama, tetapi terbelah dua di bawahnya. Mintahlah anak supaya menyusun gambar muka yang terbelah menjadi gambar yang utuh.

b.      Bahan Permainan
·         Banyaknya boneka terserah yang diinginkan si anak. Minimal tiga buah muka boneka dari kertas karton yang digambar dengan pensil warna, masing-masing dengan minik tersenyum, cemberut, dan tertawa. Sedangkan bagian belakang dibiarkan polos.
·         Dari tiga buah boneka kertas karton yang sama dengan gambar di nomor 1, tetapi di gunting zigzag, masing-masing menjadi dua bagian secara vartikal, horizontal, dan diagonal.

c.       Manfaat Permainan
·         Pemahaman konsep depan dan belakang.
·         Kemampuan membedakan gambar.
·         Gerakan halus
·         Menyusun bagian-bagian menjadi gambar yang utuh.
·         Kemampuan berbahasa.
·         Kebebasan mengungkapkan pendapat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda