Senin, 23 Januari 2012

TIPS MENU SEHAT BUAT BAYI DAN BALITA






Buat si buah hati anda, mencoba makanan padat merupakan pengalaman baru. Karena buat si buah hati mulai bisa mencoba makanan setelah dia usia 4 bulan. Jadi 0-4 bulan alangkah baiknya di berikan ASI (air susu ibu) atau susu yang telah direkomendasikan dan anda pilih buat si buah hati. Karena di umur 4 bulan si buah hati harus dicoba merasakan dan dilatih untuk mencoba makanan padat tersebut, pada masa fase ini sangat mendebarkan bagi orang tua, karena jangan sampai keliru menyiasatri makanan buat si buah hati. Apabila si buah hati tidak suka dia akan menolak makanan tersebut . jadi berikut ini ada tip cerdas buat si buah hati anda agar anak tersayang dapat suka dalam menjalani dan mencoba makanan padat tersebut dalam berbagai terstur dan rasa dalam menu yang disajikan, yaitu:


1. Kenalkan buah hati pada menu baru secara bertahap, tapi tetap dengan memberikanya susu yang jadi menu utamanya. Jadi dengan cara silih berganti samapi dia belajar merasakan pada mulutnya.
2. Sajikan menu bergizi yang bervariatif, sesuaikan dengan selera dan usia si buah hati anda.
3. Hidangkan sesuai takaran porsi dan jangan memaksakan.
4. Usahakan untuk keratif dengan mencoba menambahkan bahan makanan dengan citra rasa yang berbeda .
5. Untuk memancing si buah hati mau makan, sebelumnya hindari terlebih dahulu dari makanan yang manis-manis seperti coklat, bagi si buah hati yang usianya sudah lebih.
6. Ciptakan suasana yang menyenangkan, sehingga si buah hati tertarik dan semangat untuk makan.
7. Secara alami anak dapat mengukur porsi makanan yang dia butuhkan, dan anda sebagai ibu juga bisa melihat berapa banyak yang telah masuk dan usahakan si buah hati merasa bebas untuk menentukan menu pilihanya yang buat dia selera.
8. Sebaiknya memberikan makan bagi si buah hati 1 atau 2 jam setelah mandi untuk mencegah muntah.
9. Kalau ada resep makanan buah si buah hati yang mengunakan mentega, garam, gula, atau penyedap rasa lebih baik jangan dan hindari. Jangan pergunakan sebelum si buah hati berumur 1 atau 1,5 tahun. Karena organ tubuhnya belum bisa berfungsi dengan optimal. Nanti akan tidak baik bagi pencernaannya si buah hati.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda