Minggu, 22 Januari 2012

RUMAH BARUKU



Permainan rumah-rumahan merupakan permainan yang sangat mengasikkan bagi anak-anak. Sepertinya, permainan ini sangat tidak membosankan. Karena, banyak aneka permainan yang bisa bermunculan dari permainan ini. Misalnya, bermain peran dengan adanya kakak dan adik, atau menjadi ayah dan ibu, atau menjamu tamu, memasak, membereskan rumah, bermain anak-anakan, berpura-pura sedang menidurkan bayinya, dan masih banyak lagi.
            Permainan ini sangat menyenangkan bukan. Bahkan, kegiatan yang dilakukan anak-anak ini mengingatkan kita pada dunia masa kecil dulu, sangat indah sekali. Jadi, untuk mengajak anak memulai aktifitas permainan ini, kita bisa mulai dengan menggunakan kotak kardus bekas/rumah yang terbuat dari kain.
a.       Cara Permainan
·         Buatlah gambar pintu yang ukurannya cukup buat si kecil untuk keluat masuk dengan mudah. Jika ingin membuat pintu yang dapat dibuka dan ditutup, sisikan satu bagian tinggi pintu jangan sampai terpotong.
·         Sebagai pegangan pintu dapat digunakan sendok yang diikat ke kotak kardus dengan sekrup panjang. Atau dapat juga dengan cara memberi lubang sedikit lebih besar dari jari-jari si kecil.
·         Gunakan silotip bening untuk menutup bagian-bagian yang tajam.
·         Gambar dan potonglah dua jendela di sisi kiri dan kanan rumah dan ajarilah si kecil menghias bagian luar “rumah” dengan krayon atau pensil warna.
·         Mintalah si kecil masuk kedalam rumah. Si kecil akan senang keluar masuk “rumah barunya” bila ia sudah terbiasa. Dia dapat diajari mengucapkan salam dan menjawab salam setiap kali dia memasuki rumahnya. Mungkin saja dia akan mulai membawa mainannya kedalam rumah, mengelluarkannya kembali, dan menggantikan dengan benda-benda kesukaannya kembali, karena pada usia ini si kecil juga senang membawa sesuatu dari suatu tempat ke tempat yang lain.
b.      Manfaat Permainan
·         Interaksi bahasa.
·         Kemampuan koordinasi motorik kasar.
·         Pemahaman tentang “di luar dan di dalam” rumah kardus.
·         Pemahaman tentang keamanan dan kepemilikan sesuatu.
·         Pemahaman tentang “buka” dan “tutup”.
·         Mengucap salam dam menjawab salam.
·         Mengenal greeting.
·         Belajar mengorganisasi menata rumah agar nyaman.
·         Mengasah emosional jika bermain dengan saudara/temannya karena adanya permainan yang bersifat kerja sama, belajar berbagi, menyayangi, melayani, memberi, menerima, dan lain-lain.
·         Kita juga bisa mengajarkan permainan berdagang sederhana dengan bermain jual-jualan, dan lain-lain

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda